Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama. Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guru perlu memikirkan tindakan yang masuk akal yang nantinya akan diambil, karena pembelajaran berdiferensiasi tidak berarti pembelajaran dengan memberikan perlakuan atau tindakan yang berbeda untuk setiap murid, maupun pembelajaran yang membedakan antara murid yang pintar dengan yang kurang pintar.
Pembelajaran berdiferensiasi sejalan dengan filosofi pemikiran pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, bahwa pendidikan (opvoeding) memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar anak mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang individu maupun sebagai anggota masyarakat.
Menurut Tomlinson (Suwartiningsih, 2021) pembelajaran diferensiasi berarti mencampurkan semua perbedaan untuk mendapatkan suatu informasi, membuat ide dan mengekspresikan yang mereka pelajari. Heacox (Iskandar, 2021) mengatakan bahwa teaching using differentiated instruction needs to pay attention on students’ readiness, interest, learning profile, and learning environment...It needs the ability of teacher to provide choices for content, process, and product. Pemikiran tersebut dapat diartikan bahwa mengajar dengan menggunakan pembelajaran diferensiasi membutukan perhatian peserta didik dalam kesiapan, minat, profil belajar dan lingkungan pembelajaran
Ciri-ciri atau karekteristik pembelajaran berdiferensiasi
Ciri-ciri atau kerekteristik pembelajaran berdiferensiasi antara lain; lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar, kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, terdapat penilaian berkelanjutan, guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid, dan manajemen kelas efektif.
Contoh kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi adalah ketika proses pembelajaran guru menggunakan beragam cara agar murid dapat mengeksploitasi isi kurikulum, guru juga memberikan beragam kegiatan yang masuk akal sehingga murid dapat mengerti dan memiliki informasi atau ide, serta guru memberikan beragam pilihan di mana murid dapat mendemonstrasikan apa yang mereka pelajari. Untuk dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, hal yang harus dilakukan oleh guru antara lain:
- Melakukan
pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan tiga aspek, yaitu: kesiapan
belajar, minat belajar, dan profil belajar murid (bisa dilakukan melalui
wawancara, observasi, atau survey menggunakan angket, dll)
- Merencanakan
pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil pemetaan (memberikan
berbagai pilihan baik dari strategi, materi, maupun cara belajar)
- Mengevaluasi
dan erefleksi pembelajaran yang sudah berlangsung.
Pemetaan kebutuhan belajar merupakan kunci pokok kita untuk dapat menentukan langkah selanjutnya. Jika hasil pemetaan kita tidak akurat maka rencana pembelajaran dan tindakan yang kita buat dan lakukan akan menjadi kurang tepat. Untuk memetakan kebutuhan belajar murid kita juga memerlukan data yang akurat baik dari murid, orang tua/wali, maupub dari lingkungannya.
Keragaman Anak di Kelas
Keragaman anak di kelas dapat tercermin dalam berbagai aspek, termasuk:
Perbedaan dalam Gaya Belajar: Beberapa siswa mungkin lebih suka belajar melalui visualisasi, sementara yang lain lebih memahami konsep melalui pendekatan auditori atau kinestetik.
Kemampuan dan Kecerdasan yang Beragam: Setiap anak memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda. Seorang siswa mungkin mahir dalam matematika tetapi membutuhkan bantuan ekstra dalam bidang bahasa.
Kebutuhan Khusus: Siswa dengan kebutuhan khusus, baik itu dalam hal fisik, emosional, atau belajar, memerlukan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan agar dapat mencapai potensi mereka secara optimal.
Latar Belakang Budaya dan Bahasa: Anak-anak dari latar belakang budaya dan bahasa yang beragam mungkin memiliki cara belajar yang berbeda serta kebutuhan komunikasi yang berbeda pula.
Teori Pendukung
Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi didukung oleh beberapa teori, termasuk konstruktivisme (Kurniasih, E., & Priyanti, N., 2023). Konstruktivisme menekankan pentingnya memahami bagaimana siswa membangun pengetahuan mereka melalui pengalaman pribadi dan interaksi dengan lingkungan mereka. Teori ini mendukung pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dengan menekankan pengakuan terhadap keberagaman peserta didik dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan preferensi belajar mereka (Putriana Naibaho, 2023). Selain konstruktivisme, terdapat pula teori-teori lain yang mendukung pendekatan ini, misalnya
Teori Multiple Intelligences (Howard Gardner): Gardner berpendapat bahwa setiap individu memiliki kecerdasan yang berbeda-beda, termasuk kecerdasan verbal-linguistik, logika-matematika, visual-spatial, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan kinestetik.
Teori Belajar Konstruktivis (Jean Piaget): Piaget menekankan pentingnya pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana siswa aktif dalam membangun pengetahuan mereka sendiri melalui interaksi dengan lingkungan.
Teori Kecerdasan Majemuk (Robert Sternberg): Sternberg menyoroti pentingnya mengakui berbagai jenis kecerdasan, termasuk kecerdasan analitik, kreatif, dan praktis, dalam proses pembelajaran.
Pembelajaran berdiferensiasi bukan hanya tentang mengenali perbedaan di antara siswa, tetapi juga tentang merancang pengalaman belajar yang memungkinkan setiap siswa untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal. Dengan pendekatan yang sesuai, setiap anak dapat merasa dihargai dan didukung dalam perjalanan mereka menuju kesuksesan akademis dan pribadi.
References
Kurniasih, E., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh pendekatan pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan literasi baca, tulis dan numerasi. Jurnal ilmiah potensia, 8(2), 398–408.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48
Putriana Naibaho, D. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2),80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Tidak ada komentar:
Posting Komentar